Membuat Teks Area dengan Fungsi Select All

Textarea ini pada dasarnya kombinasi antara form dan textarea, sehingga akan memudahkan dalam mem-blok atau menyorot isi textarea. Agar jelas maksudnya coba klik tombol Select All. Setelah diblok semua tinggal dicopy dengan klik kanan atau tekan Ctrl-V pada keyboard.

Jika dipasang pada widget sidebar maka textarea jenis ini lebih baik dan tentu lebih keren, bisa juga berfungsi sebagai sarana tukar link, dan lain lain.
contoh dibawah ini termasuk codenya:

<form><input onclick="javascript:this.form.albritext.focus();this.form.albritext.select();" value="Select All" type="button"><br /> <br /> <textarea name="albritext" rows="5" cols="25">Teks anda disini..</span></span></span><br /> <span class="Apple-style-span" style="font-family: inherit;"><span class="Apple-style-span" style="font-size: 14px; line-height: 19px;"><span class="fullpost"><br /> <textarea cols="25" rows="5"> </textarea>
Textarea yang satunya ini lebih sederhana tapi memiliki fungsi yang optimal. Saat di-klik akan otomatis mem-blok semua isinya, tinggal dicopy atau tekan Ctrl-V pada keybord.
contoh dibawah ini termasuk codenya:
 <textarea rows="5" cols="25" onclick="this.focus(); this.select();">Teks anda disini..</textarea>
Pada dasarnya textarea hanyalah code html untuk membungkus tulisan kita., agar lebih mudah saat pengguna hendak meng-copy teks didalamnya. selain itu juga untuk mempersimple space yg ada. Sebenarnya masih banyak atribut-atribut lain untuk membuat text area agar tampilannya enak dilihat.

seperti ini hasilnya jika text area telah di modifikasi :
<textarea rows="3" cols="60" style="background-color: #dbebf9; border: 1px solid rgb(204, 204, 204); rows="5" cols="50" onclick="this.focus(); this.select();">Teks anda disini..</textarea>



Rekomendasi Post


+ komentar + 1 komentar

Nissa
20 Januari 2012 pukul 00.01

bingungg.. he :)

Terimakasih Nissa atas Komentarnya di Membuat Teks Area dengan Fungsi Select All
Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kmau
5. Masukan kode yang muncul dan Klik Publish

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))